My Cultural Shocks in Taiwan

By Nadia - January 01, 2023

Some of you probably know that few years ago I decided to move to Taiwan. As a small town girl who barelly travelled far, deciding to live abroad was a big and challenging decision in my life. Jujur sebenernya kalo bisa milih, aku pengen nya tetep stay dan kerja di Indonesia. So I dont have to leave everything that I love in Indonesia behind, especially my cat and my indonesian favorite food like papeda, combro, risol, etc. But what can I do? Sometimes life just doesn't go according to our desires and plans. Ya kan? 
Awal-awal tinggal disini, tentu saja aku harus mengalami beberapa cultural shocks karena perbedaan kebiasaan dan kebudayaan. Bisa dibilang sampe sekarang pun, aku masih membiasakan diri dengan kebiasaan-kebiasaan sekitar. So kali ini, aku mau tulis beberapa cultural shocks yang aku alami selama aku tinggal di Taiwan


Makanan 

I thought Taiwanese food would be similar to Chinese food in Indonesia. They are delicious and mantap betul, right? But when I arrived here, I realized that the taste is completely different from Chinese food in Indonesia. Chinese food di Indonesia mungkin udah diubah dan dimodifikasi sedemikian rupa supaya rasanya bisa cocok di lidah orang Indonesia tapi most of chinese food disini rasa aslinya hambar dan gak ada gurih-gurih nya sama sekali, ini mungkin karena kebanyakan warlok emang ga suka pake MSG dan mereka juga gak suka (atau mungkin gak terbiasa) makanan yang rasanya strong. Apa mungkin karena keterbatasan rempah dan bumbu kali ya? jadi warlok terbiasa bikin makanan yang hambar dan rasa seadanya. No wonder kenapa Belanda dan Jepang dulu ngejajah Indonesia demi rempah-rempah, karena di negara lain rempah-rempah emang sedikit. Kalopun ada, mesti dapet import dari luar, dan harganya tentu gak semurah di warung sayur di Indonesia 

Awal-awal stay disini, these authentic chinese food ga bisa masuk sama sekali di tenggorokanku karena selain hambar, rasa bumbu nya juga kadang aneh di lidahku. Aku menyiasati nya dengan cara menambahkan saos ABC di makanan nya. At least, ada rasa yang bisa aku rasain walaupun cuma rasa saos, but so far it works for me. Jadi selama disini, aku selalu nyetok saos ABC di rumah ataupun di tas. In case, sewaktu-waktu ada yang ngajak makan chinese food, minimal aku bisa ikut makan juga.

Btw menurutku makanan yang hambar ini cuma berlaku untuk makanan asli china dan taiwan aja ya. Untuk makanan luar seperti makanan amerika, jepang, atau indonesia, mereka tetep bikin sesuai dengan rasa aslinya. Cuma untuk makanan luar ini emang harganya lebih mahal ketimbang makanan lokal.

Cara pesen makanan di kedai atau di resto

Aku gak begitu shock sih sama konsep self service di kedai atau restaurant Taiwan karena restaurant di Indonesia pun sudah ada yang pake konsep ini, contohnya Solaria, dimana kita ambil kertas dan pen sendiri, tulis pesenan sendiri, dan dateng ke kasir sendiri buat kasih tau pesenan kita. Beda nya di Taiwan, kita harus beresin bekas makan kita, kaya buang sampah / sisa makanan ke tong sampah yang disediakan, kadang bawa alat makan kita ke tempat khusus juga. Yang bikin shock buat aku malah penulisan jumlah pesenan di kertas pesenan kita dengan penggunaan 正 
Biar lebih jelas kalian bisa liat video ini ya guys, karena kalo diketik susah juga cara nulisnya



Minuman

Selain saos ABC, aku juga harus selalu sedia air minum kemanapun aku pergi karena aku punya kebiasaan harus minum air sebelum dan sesudah makan, sedangkan kedai-kedai kecil disini jarang (malah hampir gak ada) yang jual atau kasih minuman ke pelanggan. Yes, they let our throat "seret" even after eating 😭😭😭 cuma resto-resto besar yang nyediain air untuk customer. Padahal kalo di Indonesia, jangankan kedai, sekelas tukang bubur atau mie ayam gerobak aja kalo kita makan di tempat, mereka pasti nyediain minimal air teh atau air putih dari teko, kan?

Speaking of minuman, di Taiwan juga aku ga pernah nemu galon gede-gede kaya di Indonesia. Air mineral paling gede tuh cuma sekitar 6000 ml sedangkan Aqua galon kapasitas nya adalah 19 Liter atau 19.000 ml.

Awalnya aku mikir apakah di Taiwan gak ada dispenser ya??? Eh ternyata dispenser di Taiwan beda sama dispenser yang ada di Indonesia. Dispenser yang dipake adalah dispenser yang air nya langsung nyambung sama saluran air keran dan air nya melewati proses penyulingan di dalem dispenser. Jadi di Taiwan, kita gak bakal nemu drama cwk dan cwk berantem karena si cwk gamau angkat galon kaya di Indonesia 

Lauk > nasi

Selama di Taiwan, aku pernah diundang beberapa kali untuk makan bareng keluarga lokal sini. Tradisi makan bersama keluarga Taiwan ternyata nasi nya cuma semangkok kecil sedangkan lauk yang disediain banyak banget jenisnya (bisa 3-5 jenis lauk) dan lauk sebanyak itu harus diabisin dalam satu sesi makan. Sangat berbanding terbalik sama kebiasaan keluargaku yang biasanya cuma serve lauk paling banyak 2 macem tapi nasi nya kudu sepiring metung, itupun diusahakan agar makan lauk nya sesedikit mungkin supaya bisa dimakan lagi buat makan selanjut nya🤭 Pantes aja ya orang sini pinter-pinter, ternyata mereka lebih banyak makan gizi nya ketimbang makan karbo nya doang wkakak

Cebok pake tisu




Rata-rata toilet di Taiwan, baik rumahan atau umum, jarang banget ada yang nyediain semprotan air buat cebok kaya di Indonesia. Rata-rata mereka cuma nyediain tisu roll kering ala ala toilet western. Sampe sekarang, aku selalu ngerasa gak bersih kalo cebok cuma pake tisu kering. Kalo di rumah sendiri sih, aku masih bisa cebok pake gayung isi air kaya di Indonesia, tapi gak mungkin dong ya kalo aku harus bawa-bawa gayung kalo lagi keluar, in case mau pip atau pup di toilet umum 😂 jadi gantinya, aku selalu bawa bidet sprayer portable (pic diatas) sbg pengganti semprotan air kalo mau buang air di toilet umum.

Pembagian jenis sampah

Di Indonesia, kita ga perlu pusing ngebedain jenis-jenis sampah dan tinggal langsung buang tapi di Taiwan, kita harus pisahin antara sampah biasa, sampah bekas makanan, sama sampah recycle karena mobil pengangkut untuk sampah biasa dan sampah recycle itu beda.

Pejalan kaki harus menyebrang sesuai lampu lalu lintas

Di Taiwan, bukan cuma pengendara mobil atau motor yang harus manut sama lampu lalu lintas tapi pejalan kaki juga, jadi kalo kita mau nyebrang khususnya di zebra cross, kita gak bisa asal nyebrang kaya di Indonesia. Pejalan kaki juga harus memperhatikan lampu lalu lintas saat menyebrang di jalan. Kalo enggak, si pejalan kaki juga bisa kena tilang polisi lho. Apalagi di Taiwan ini cctv jalan ada dimana-mana.


Well itu tadi beberapa culture shocks yang aku alami selama tinggal di Taiwan. Aku bersyukur banget karena di Taiwan lumayan banyak orang Indonesia nya, jadi kita bisa sharing-sharing soal culture shocks kita masing-masing dan gimana kita menyiasati nya. Semoga tulisanku ini bisa bermanfaat dan menjadi gambaran juga bagi yang mau jalan-jalan atau stay di Taiwan.

  • Share:

You Might Also Like

4 comments

  1. Wah, ternyata Taiwan banyak miripnya sama Jepang. Sebagian pakai 正 juga buat sistem hitungannya, pejalan kaki ada lampunya, sampah dipilah. Menarik nih tulisannya.

    ReplyDelete
  2. Halo kak Nadia! Aku sebenernya udah lama ngeliat Twitter kakak dan baca-baca seputar Taiwan dari tweet kakak juga, cuma baru baca blog kakak sekarang (mau kenalan di Twitter cuma udah keburu malu wkwkwk)

    Mau nanya kak, seberapa sering sih kakak ketemu sama orang Indo di Taiwan? Kayak, frekuensinya apa bisa seminggu sekali nemu aja orang Indo yang random di sana? Soalnya kan kayaknya populasi orang Indo di Taiwan lumayan banyak juga ya, karena yang sekolah ataupun kerja

    Btw, untuk negara Asia Timur, Taiwan juga salah satu negara yang ada di wishlist aku buat aku datengin selain Jepang. Kalau suatu hari nanti aku bisa ke Taiwan (amin), aku pengen meet up sama kak Nadia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Rei. Thanks for the comment. Kalo baca ini hit dm ku di twitter ya 😁 gapapa gausah malu

      Kalo ditanya seberapa sering nemu orang Indo, bisa dibilang tiap hari juga ketemu kok, especially klo kita olahraga di taman setempat pasti ada aja yang lagi bawa nenek kakek nya jalan-jalan. Kalo kamu mau keluar kota pake kereta juga bisa ketemu banyak orang Indo kok. Apalagi ke toko indonesia juga biasanya laoban/laobaniang nya pasti orang indo. Tinggal kitanya mau kenalan atau enggak sama mereka.

      Well, kalo misal mau ke taiwan and stay around Taoyuan, kontak aja nanti kita jalan dan nyasar bareng 😂😂

      Delete

What do you think about this post?