Voting Indonesia President in Taiwan

By Nadia - February 14, 2024

Akhirnya hari pencoblosan presiden Indonesia tahun 2024 sudah tiba dan pemilu kali ini, aku melakukan pencoblosan di Taiwan. Sebelum hari ini tiba, sebenernya udah banyaaaak banget yang kepo soal pemilu di Taiwan, ditambah 2 bulan sebelumnya, ada video viral dimana seorang PMI Taiwan yang sudah mendapatkan surat suara dan melakukan pencoblosan diluar jadwal yang diberikan KPU Indonesia. Jujur aku sebenernya bukan fans politik Indonesia dan males juga ngejelasin soal pemilu luar negeri ini tapi gara-gara berita ini jadi makin banyak yang tanya soal pemilu Taiwan. So hari ini, aku bakal nulis pengalaman pribadi aku nyoblos presiden Indonesia di Taiwan dari awal sampe hari pencoblosan.

Back to around Oktober 2023, dimana kampanye-kampanye calon presiden mulai bertebaran di beranda Facebook dan Twitter. Aku tiba-tiba random kepikiran soal pemilu yang mana pas hari H pemilu, aku ga mungkin untuk pulang kampung demi nyoblos capres doang, apalagi di hari H pemilu di Taiwan bertepatan sama libur imlek, udah pasti tiket pesawat mehonggg dong tsay. Akhirnya aku nyari informasi cara milih presiden di luar negeri, khususnya Taiwan. Dari situ aku baru tau kalo KPU ternyata punya cabang pembantu di setiap negara yang nama nya PPLN alias Panitia Pemilihan Luar Negeri. Untuk cabang Taiwan, aku nemu akun instagram PPLN Taipei. 

Aku coba reach out PPLN Taipei soal cara nyoblos di Taiwan dan singkatnya, ternyata untuk nyoblos di luar negeri, kita perlu mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai Pemilih Tambahan ke PPLN di negara kita stay. Sama kaya kita kalo lagi rantau di luar daerah atau pindah alamat rumah, kita perlu ngurus surat pindah memilih biar bisa nyoblos di tempat kita sekarang tinggal. Admin PPLN Taipei ini juga cukup peka ya guys, tanpa kita tanya gimana cara ngedaftarin diri sebagai pemilih tambahan, mereka langsung minta data kita buat didaftarin sebagai pemilih tambahan di Taiwam. Data yang diminta pun ga banyak, cukup foto EKTP, ARC / Aliance Resident Card (ini semacam kartu ID untuk foreigner pemegang visa yang masa berlaku nya setahun) No HP, sama alamat email. Setelah aku kasih semua data nya, ga sampe 2 hari, aku dapet email dari PPLN Taipei mengenai notifikasi kalo aku udah berhasil didaftarkan sebagai pemilih tambahan di Taiwan beserta dengan attachment Surat Pindah Memilih nya.

Email dari PPLN Taipei

Surat Pemilih Tambahan

Btw sebelumnya aku juga ngira nya semua pemilu di Taiwan tuh serentak tanggal 14 Februari 2024, tapi setelah beredar video PMI Taiwan yang nyoblos duluan itu viral. Aku jadi tau kalo sebenernya pemilu di luar negeri tuh menganut sistem early voting alias bisa nyoblos duluan sebelum hari H pemilu, tapi tentu saja harus sesuai dengan aturan dari KPU Pusat. Menurut website PPLN Taipei, di Taiwan sendiri ada 3 metode pemungutan suara yang dilakukan, yaitu :

1. Via POS


Metode via pos ini artinya PPLN ngirim surat suara nya ke pemilih lewat pos dan pemilih harus kirim balik surat suara yang sudah dicoblos sebelum tenggang waktu yang sudah ditentukan. Jadi video viral soal kecurangan pemilu di Taiwan tuh terjadi menggunakan metode via pos ini, karena untuk Pemilu 2024, Peraturan KPU No. 25 Tahun 2023 menetapkan PPLN harus mengirimkan surat suara kepada pemilih yang mencoblos via pos pada 2-11 Januari 2024 dan dikirimkan kembali paling lambat 15 Februari 2024. Sedangkan di bulan Desember 2023, ada video Tiktok dari PMI Taiwan yang sudah mendapatkan surat suara, yang artinya PPLN Taiwan sudah mengirimkan surat suara duluan diluar jadwal dari KPU, terakhir informasi yang aku dapet surat suara yang dikirim tanggal 18 dan 25 Desember 2023 dianggap sebagai surat suara rusak dan tidak sah. PPLN Taipei mengirimkan ulang surat suara ke pemilih di tanggal 11 Januari 2024. Semenjak PPLN Taipei gak pernah klarifikasi apapun soal ini, aku juga ga tau pasti alasan resmi kenapa PPLN Taipei mengirimkan surat suara duluan, tapi selentingan kabar yang aku denger, mereka mengirimkan surat suara lebih awal karena mulai dari tanggal 8-14 Februari 2024 bertepatan dengan libur panjang perayaan imlek di Taiwan dan selama libur panjang ini, kantor pos di Taiwan gak akan beroperasi. Mungkin karena hal ini, mereka khawatir banyak surat suara dari pemilih via pos ini yang gak sampe tepat waktu karena ketunda libur imlek. Who knows

2. KSK (Kotak Suara Keliling)
Untuk metode kotak suara keliling (KSK) adalah pelayanan pemungutan suara bagi pemilih yang dilakukan PPLN dengan cara mendatangu tempat-tempat Pemilih berkumpul, bekerja, dan/atau bertempat tinggal dalam satu kawasan. Untuk metode KSK ini jadwal nya sama dengan hari H pemilu di Indonesia yaitu 14 Februari 2024

3. TPS (Tempat Pemungutan Suara)
Aku sendiri termasuk ke pemilih yang harus mendatangi TPS buat nyoblos tgl 14 Februari 2024 juga jadi aku gak tau ya kalo di negara lain kaya Jepang, Korea atau negara mana lah itu pada milih tanggal 11 atau kapan tau karena di Taiwan faktanya yang kebagian milih di TPS sama KSK ya sama-sama tanggal 14 Februari juga 😩 Untuk TPS di Taiwan, kebanyakan berlokasi di warung Indonesia yang ditunjuk PPLN Taipei. Aku sendiri kebagian nyoblos di RM Putra Mandiri Asih Taoyuan. Awalnya kukira pemilu di Taiwan khususnya via TPS ini bakal sepi, secara yang aku denger kebanyakan pemilih dikirim via Pos tapi ternyata orang Indonesia di Taiwan tuh aslinya banyak banget. Di TPS tempatku nyoblos antrian nya sampe panjang banget.

Suasana TPS 16 Taoyuan

Tapi untung nya, karena aku udah daftar sebagai pemilih tambahan duluan, mereka ngizinin aku masuk dan nyoblos duluan. Ternyata kebanyakan yang dateng adalah pemilih yang belum daftar sebagai pemilih tambahan. Jadi di Taiwan sini, walaupun belum terdaftar asalkan punya KTP yang berlaku masih bisa milih setelah jam 12 siang.

Overall, proses nyoblos nya sih sama aja kaya di Indonesia, beda nya kalo kita milih di luar negeri ternyata kita cuma dikasih 2 surat suara doang yaitu surat suara untuk presiden dan DPR, jadi kita ga bisa milih any DPD dan DPRD sesuai lokasi kita tinggal.

Jadi begitulah, pengalaman pribadi saya mencoblos presiden Indonesia dari Taiwan. Siapapun yang terpilih nanti jadi presiden, mudah-mudahan bisa membawa Indonesia menjadi negara yang lebih baik, lebih maju, tapi tidak melupakan kami yang ada di luar negeri. Semoga semuanya berjalan lancar.

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

What do you think about this post?