Mandarin Class Review Tjhen Wandra

By Nadia - February 12, 2022

Semenjak aku ngetwit soal kelas mandarin yang aku ikuti sekarang, banyak banget DM yang tanya-tanya soal review kelas mandarin ini, jadi daripada aku reply-reply panjang lagi soal kelas mandarin ini, aku akan coba sedikit ngereview soal kelas mandarin yang lagi aku ikuti sekarang.

Kelas mandarin yang lagi aku ikuti ini adalah kelas mandarin online nya 老師 Tjhen Wandra.


Buat yang belum tau siapa itu 老師 Tjhen Wandra, beliau ini bisa dibilang influencer sekaligus praktisi bahasa mandarin di Indonesia. Beliau ini lumayan famous dikalangan pelajar bahasa mandarin karena video-video youtube nya emang mudah dimengerti untuk yang mau belajar bahasa mandarin secara otodidak.

Kenapa aku pilih kelas nya Tjhen Wandra?
Dari sekian banyak kelas mandarin, aku pilih kelas mandarin nya laoshi Tjhen Wandra karena awal motivasi aku buat belajar bahasa mandarin adalah untuk komunikasi sama orang-orang Taiwan. FYI, mandarin yang dipake  di Taiwan adalah mandarin tradisional yang mana goresan hanzinya lebih banyak dan ribet, ini berbeda sama mandarin yang dipake di China yaitu mandarin simplified yang mana goresan hanzi nya lebih simple. 

(SC : Google)

Istilah-istilah yang dipake di Taiwan dan China pun lumayan banyak beda nya. Misalnya kata "Sepeda" di Taiwan sebutan nya adalah 腳踏車 ( jiǎo tà chē) sedangkan di China sebutan Sepeda adalah  自行車 (zì xíng chē). Ini mungkin sama kaya Bahasa Indonesia dan Bahasa Melayu yang kedengeran nya sama tapi banyak kosakata yang beda. Untuk kelas mandarin di Indonesia yang aku temuin kebanyakan belajar pake mandarin simplified, jarang banget ada kelas mandarin yang belajar nya pake mandarin tradisional. Aku sempet nemu beberapa private class yang ngajarin nya pake mandarin tradisional, tapi karena kesibukanku sbg budak korporat, rata-rata aku gak cocok sama jam kelas nya dan rate belajar mandarin tradisional tuh cukup tinggi ternyata 😅  Nah di kelas mandarin Tjhen Wandara ini kita diajarin mandarin simplified dan mandarin tradisional Taiwan sekaligus. Kita tinggal pilih mana yang mau kita pelajari. Untuk rate nya menurutku gak terlalu tinggi dan sistem belajar nya pun gak ganggu waktu kerjaku.

Ada yang tanya, mending pilih belajar mandarin tradisional atau simplified?
IMO, dua dua nya sama aja tapi balik lagi ke kebutuhan kalian mau berkomunikasi sama orang mana. Misal kalian belajar mandarin karena mau ngejar beasiswa di China, ya berarti kalian belajarnya yang simplified. Kalo kalian lagi kerja di perusahaan punya Taiwan dan pgn ngerti orang Taiwan nya ngomong apa, tentu kalian harus belajar mandarin tradisional. Btw kalo Hongkong kayanya beda lagi deh, mereka lebih ke bahasa cantonese soalnya klrga ku bilang klo bahasa di Taiwan dan Hongkong beda. CMIIW

Jenis Kelas
Di kelas mandarin Laoshi Tjhen Wandra ini punya 2 jenis kelas yang bisa kita pilih dan 1 kelas tambahan, yaitu :
1. Kelas Reguler

Kelas Reguler ini adalah kelas yang lagi aku ambil, jadi yang bakal aku bahas di postingan ini cuma seputaran pengalaman aku ikut kelas reguler ya. Kelas nya seminggu 2 kali yaitu hari Selasa dan Kamis. Aku ambil kelas ini karena kelas ini yang paling cocok sama waktu senggang aku

2. Kelas Intensif


Sesuai namanya ya, kelas ini frekuensi belajar nya lebih intens yaitu seminggu 4 kali, jadi untuk ikut kelas ini kalian harus punya lebih banyak waktu buat belajar. Cocok juga kalo kamu pengen cepet-cepet bisa bahasa mandarin tanpa waktu yang lama.

3. Video Call


Salah satu cara agar speaking skill bahasa mandarin kalian cepet lancar adalah dengan take conversation. Nah kalo kalian gak punya lawan bicara buat ngobrol bahasa mandarin, kalian bisa ambil layanan video call ini sama laoshi Tjhen Wandra nya langsung. Ini sebenernya kaya layanan tambahan doang sih, boleh diambil tapi gak diambil juga gapapa.

Rate
Untuk rate kelas intensif dan video call ini jujur aku gak tau rate nya berapa karena kelas yang aku ambil adalah kelas reguler dan sampe sekarang, aku belum pernah coba video call sama laoshi karena aku biasa latihan conversation sama klrga ku yang dari Taiwan. Balik lagi ke masalah rate, untuk kelas reguler rate nya adalah 300K per bulan. Ada yang pernah tanya apakah kalo naik level, rate nya ikut naik? Jawaban nya enggak ya. Aku selama setahun ini masih tetep bayar 300K perbulan.

Sistem Belajar
Sistem Belajar nya mirip kaya sistem les online Free TOEFL punya nya Budi Waluyo atau les online nya Gress Course. Kita akan dimasukin ke dalam 1 grup WA terus kita akan dikasih materi berupa kosakata, grammar + contoh kalimat, hanzi strooke, sama VN cara baca kosakata dan kalimat dgn tone yang bener. Di akhir materi, laoshi akan kasih kita tugas yang harus kita kerjain dan nantinya akan dikoreksi di pertemuan berikutnya. Tugas yang paling sering diberikan biasanya menulis dan bikin VN, mungkin tujuan nya agar kita biasa nulis hanzi dan ngomong bahasa mandarin dgn tone yang benar. Tugas ini wajib dikerjakan ya, karena setiap 2 bulan ada test dan syarat ikut test adalah harus mengerjakan semua tugas di dalam 2 bulan itu. Jadi di kelas online Tjhen Wandra ini emang gak ada kelas tatap muka online via zoom, gmeet, atau semacam nya kaya kelas online yang lain. Kita cuma dikasih materi dan kita harus belajar mandiri, kalo ada materi yang gak kita gak pahami, kita bisa chat laoshi nya langsung atau bisa ambil kelas video call tadi. Tenang aja, laoshi nya baik dan sabar kok kalo kita tanya2 banyak😁
So far, untuk aku yang hampir setiap hari sibuk dan waktu kosong nya gak nentu, sistem belajar ini paling cocok buat aku karena aku bisa belajar pas malem-malem bgt sebelum tidur atau pagi-pagi banget pas bangun tidur. Sesuai jargon nya :  belajar mandiri, tidak terikat waktu dan tempat.

Nah kalo kalian tertarik daftar atau kalian pengen tau lebih banyak lagi soal kelas mandarin Tjhen Wandra. Kalian bisa DM langsung instagram beliau di @tjhen.wandra dan @kelas.online.tjhenwandra ya. 加油

  • Share:

You Might Also Like

2 comments

  1. wah makasih banyak ya kak buat review kelasnya. sebenarnya aku itu sama kayak kakak, waktu luangnya ga nentu gitu dan lagi coba cari kelas online belajar mandarin yg cocok di aku 😁 thanks a lot buat infonya juga ya kak, membantu banget 😆

    ReplyDelete

What do you think about this post?