猜猜我多大

By Nadia - October 23, 2021


Me, 26 years old


在國中的時候,很多人說我好像國小生,在高中的時候,很多人以為我是國中生,但在學校的時候,我想說正常,因為那時候我還沒成年。
當我進入大學的,我開始討厭很多人以為我是高中生。我不喜歡的原因是:
Waktu aku masih SMP, banyak orang ngira aku anak SD. Lanjut masuk SMA, orang-orang pada ngira aku anak SMP. Awalnya aku pikir ini hal yang wajar karena waktu itu aku emang masih underage, jadi aku pikir wajar aja kalo banyak orang yang ngira aku anak-anak, ya karena aku emang masih anak-anak waktu itu.
Pas aku masuk kuliah, ternyata orang-orang masih pada ngira aku anak SMA atau bahkan anak SMP. Disini aku mulai ngerasa risih ketika ada orang yang ngira aku anak sekolah. Yang bikin aku ngerasa risih waktu itu adalah :

1. Feeling Insecure 沒有自信
我沒有自信的原因,是因為相同年紀的女生,她們都看起來成熟,而我卻看起來還像小孩子。我曾經嘗試穿著較成熟的衣服,但看起來很像小朋友在穿媽媽的衣服,非常不適合。我很想要看起來成熟,一樣還是穿那些衣服,雖然說不適合。
Dulu aku ngerasa insecure karena hampir semua cewek-cewek seumuranku udah keliatan mature sedangkan aku masih keliatan kek bocil. Bahkan aku pernah coba outfit untuk cewek-cewek dewasa tapi jatohnya malah kaya anak kecil yang dipakein baju emaknya, alias gak cocok sama sekali. Tapi karena waktu itu saking pengen keliatan dewasa nya, aku tetep pake outfit kaya gitu walaupun aku tau kalo itu bener-bener gak cocok di aku.

2. Susah Dapet Pacar 很難找男朋友
當我還在大學的時候,男生都喜歡豐滿且看起來成熟的女生,但是我的體型瘦,所以沒有男生喜歡我
Waktu aku kuliah, cowok-cowok di circle aku tuh sukanya sama cewek yang bohay dan keliatan dewasa sedangkan badan aku tipenya kurus dan susah gemuk nya, ditambah mukaku yang kaya bocil gini. Jadinya waktu itu kek gak ada cowok yang tertarik sama aku.

3. Getting Carded 詢問身份證
每次去看電影的時候,假如電影是需要成年才能看的,工作人員都會問是否有身份證給他們確認我已經成年。但其他人因為看起來成熟,所以都沒被問身份證
Setiap aku pergi ke bioskop buat nonton film untuk dewasa, biasanya petugas bioskop bakal minta ID/KTP aku buat mengkonfirmasi kalo aku beneran udah dewasa atau enggak. Yang bikin keselnya, pengunjung lain yang mukanya dewasa gak ditanya ID atau KTP apapun sama staff nya.

當我20歲的時候,我真的很討厭自己,因為我的臉看起來還是感覺年紀很小,不過,久而久之,我嘗試接受我自己,且嘗試看到較美好的事物。
我嘗試尋找適合我的流行服飾,事實上,適合我的流行服飾,有像日式或韓式的服飾,所以很多人以為我"wibu"或韓國迷,但事實上我只是跟著她們的潮流而已
直到我大學畢業,進入職場,見到更多的人及新的朋友。不是所有的男生只喜歡豐滿和成熟的女生,也很多男生喜歡個子小和看起來年輕的女生。
我也開始覺得平常,假如電影院的人要求看身份證,雖然現在我27歲,很多人還是覺得我是高中生。
我也再想擁有年輕的臉有什麼好處
Waktu umurku masih 20 taunan, aku sempet benci sama diri aku sendiri karena mukaku yang kek bocil gini, tapi lama-lama, aku coba terima diri aku sendiri dan coba lihat dari sisi baiknya.
Aku coba nyari outfit yang sesuai sama badan dan mukaku, in fact, outfit yang cocok sama aku adalah outfit ala ala Japan atau Korea. Makanya banyak yang ngira aku "wibu" atau fans korea padahal sebenernya aku cuma ngikutin fashion mereka doang.
Waktu aku lulus kuliah dan masuk ke dunia kerja, aku mulai ketemu banyak orang baru dari berbagai kalangan, disini aku baru sadar kalo gak semua cowok itu sukanya sama cewek yang bohay dan keliatan dewasa, ternyata ada juga kok, cowok yang sukanya sama cewek yang langsing dan keliatan muda.
Aku juga udah mulai biasa diminta ktp sama orang-orang bioskop walaupun sampe sekarang aku umur 27, orang masih pikir aku anak SMA.
Lagian, looking younger juga ternyata banyak keuntungan nya juga sih.

1. Ongkos Angkot Lebih Murah 小巴的費用更便宜
有時候我坐小巴,我付的費用1萬盾,司機會還我8千盾,因為司機以為我還是學生
Kadang kalo aku naik angkot dan aku ngasih uang 10K ke supir angkot nya, dia bisa kasih aku kembalian 8K karena dia pikir aku masih pelajar, even waktu itu aku gak pake baju seragam sekolah.

2. Dapet Diskon Pelajar  獲得學生的折扣
一般店員相信我還是學生,所以常獲得折扣
Para penjaga toko biasanya percaya kalo aku masih pelajar, jadi setiap ada diskon khusus pelajar (especially di bookstore) biasanya aku bisa dapetin diskon itu.

3. Tetep Keliatan Muda Walaupun Udah Tua會看起來年輕,雖然說年輕老了
我不知道以後已經老了,是否還是這樣,但是很多人說,以後雖然我老了,但看起來比實際上更年輕
Aku gak tau sih nanti udah tua akan masih kaya gini atau enggak, tapi banyak yang bilang aku bakal keliatan lebih muda walaupun udah tua.

這些都是看我們自己怎麼想,如果往反面想,我們會憎恨自己,但是如果我們往正面去思考,我們會過的輕鬆。現在我只能感謝,因為擁有一張年輕的臉。
aku pikir semua pasti ada sisi positive dan sisi negative nya, tergantung kita mau menyikapi nya secara positive atau negative kaya aku dulu. Sekarang aku cuma bisa bersyukur sama apa yang udah Tuhan kasih ke aku dan aku akan terus mencoba untuk menyikapinya secara positive. 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

What do you think about this post?