Do I Like Menstrual Cup?

By Nadia - September 15, 2020

(Sumber : Google)

Sebenernya kagak pernah niat pake, apalagi sampe beli. Emang dasar kalo ada sesuatu yang gak dimau, kadang akhirnya sesuatu itu malah dateng ke kita.

Jadi tahun lalu pas aku ulang tahun, aku dapet hadiah berupa menstrual cup padahal orang yang ngasih menstrual cup ini tau kalo aku gak tertarik sama benda ini karena menurutku konsep nampung darah dan masukin benda asing berjam-jam ke dalam vagina tuh kaya nganu banget gitu loh. Tapi orang yang ngasih aku menstrual cup ini bilang kalo menstrual cup ini bagus buat lingkungan lah, ngurangin sampah pads lah, dan segala macem. Karena udah dikasih, ya akhirnya aku coba juga daripada ni barang disimpen doang, yekan? mana aku cek juga harganya lumayan pricey lagi. Well, setelah kurang lebih setahun pake menstrual cup, aku mau coba tulis gimana rasanya pake menstrual cup :

WHAT BRAND MENSTRUAL CUP I USE

Jenis menstrual cup yang aku dapetin ini merk nya Organicup size A. Katanya sih ini produk Aussie punya, makanya harganya agak mehong. Bentuknya kira-kira seperti ini :

 :






(Sumber : Google)

As you can see dari packaging nya, produk di packing di dalam box dan di box nya ini tertulis informasi mulai dari step-step how to insert, step how to removal, apa aja yang harus dilakuin sebelum pake menstrual cup, how does it work, sampe size yang tersedia pada merk Organicup ini. Informasi nya cukup jelas dan ini berguna bgt untuk yang newbie pake menscup tanpa harus googling mencari informasi tambahan. Selain kardus, kita juga dapet pouch kecil seukuran cup nya.
(Sumber : Google)

Menurutku menstrual cup merk organicup ini bisa dibilang ringan, gak terlalu tebel, lentur dan gampang dilipet. Dulu aku pernah pegang salah satu display menstrual cup lokal di salah satu store (lupa merk nya apa), display yang aku pegang waktu itu kayanya lebih tebel dan agak susah dilipet dibandingkan dengan menstrual cup merk Organicup ini.

HOW TO USE

Untuk cara pakai menstrual cup, ada 3 hal penting yang harus diterapkan yaitu Relax, Licin, dan Lipatan yang tepat

Relax
Sewaktu kalian mau pake menstrual cup ini kalian posisi nya kudu bener-bener relax dan tidak terburu-buru karena sepengalamanku semakin kita nyantai pake nya, maka semakin gampang masuk nya. Sebaliknya, kalo kita make nya rusuh dan buru-buru malah cup nya gak akan mau masuk sama sekali, yang ada mekika kalian malah akan lecet dan perih.

Licin
Kelicinan vagina kalian juga ngaruh ke proses masuknya cup. Biasanya saat haid menscup ini lebih mudah masuk karena ada darah sebagai pelicin. Saat akhir-akhir mens biasanya cup agak susah masuk karena darah udah gak terlalu banyak. Aku sendiri di akhir-akhir periode mens biasanya pake pelumas untuk mempermudah masuknya menstrual cup

Lipatan
Sebelum memasukan cup ke dalam vagina, kita harus melipat menscup nya terlebih dahulu agar menscup nya lebih gampang masuk. Tenang aja, walaupun pas masukin nya keliper tapi pas udah masuk, cup nya akan kembali ke bentuk awal dan jadi penampung darah di dalem. Nah cara melipat menscup ini ada berbagai cara seperti gambar dibawah ini :




(Sumber : Quora)

Dari semua lipatan diatas ini, kalian harus menentukan lipatan mana yang paling nyaman dan pewe buat kalian sendiri. Aku sendiri pernah coba semua lipatan tapi yang paling pewe dan paling cepet masuknya yaitu lipatan Punch Down.

PRO AND CONS

Eventhough banyak komentar positif dari pemakainya. I can say there is always pro and cons about it. Hal-hal yang aku suka selama pake menstrual cup :

1. Gak pernah tembus
Selama setahun aku pake menstrual cup, aku gak pernah lagi ngalamin darah tembus ke celana. Even di hari pertama sampe ketiga dimana darah lagi deres-deresnya, biasanya cuma luber dikit-dikit itupun luber krn aku telat bersihin cup. So, aku masih pake menstrual pad di hari pertama sampe ketiga. Di hari ke 4-7 biasanya aku berani langsung pake CD karena gak pernah luber sama sekali

2. Hemat duit
Memang agak pricey diawal tapi setelah nya kita gak perlu beli pads banyak-banyak lagi. Aku kadang beli pads yang isi nya 12 pcs, bisa dipake hampir 6 bulanan gak abis-abis lho.

3. Gak Perlu Nyuci Pads.
Beberapa bulan yang lalu, aku pernah baca debat twitter antara tim disposable pad dicuci vs tim disposable pad yang langsung buang. Setelah pake menstrual cup ini, kalian gak perlu lagi bingung mau nyuci pad atau langsung buang, karena ngebersihin menstrual cup tuh emang jauh lebih praktis ketimbang nyuci pads. Even kalo pake pads kaya aku pun sebener nya pads yg keluberan pun cuma kaya bercak-bercak doang, jd lebih gampang juga nyuci nya

4. Ngurangin sampah
As my friend said to me, karna gak pake pads terlalu banyak alhasil sampah pads juga berkurang.

Walaupun aku suka pake menstrual cup tapi tetep menurutku pake menstrual cup ada minusnya jg seperti :

1. Gak bisa dipake pas buru-buru
As I said before, pake menstrual cup tuh harus relax dan gak bisa buru-buru tapi kalo posisi nya bangun telat dan lg dapet, kadang aku kesel sendiri ketika cup gak bisa masuk-masuk. Even coba di bikin relax pun tapi klo posisi nya emang lg buru-buru bgt. Menstrual cup ini justru ngerepotin banget dan bikin mekika jd lecet klo dipaksa.

2. Harus bolak balik WC
Sebagai orang yang super duper sibuk di kerjaan sampe minum dan ke WC pun susah, rasanya agak merepotkan juga sih ketika pas mens lagi deres-deresnya eh baru sejam atau 2 jam si darah udh mulai bleberan keluar. Alhasil terpaksa ninggalin kerjaan dan kudu buang darah sejam atau 2 jam sekali. Sedangkan pekerjaan ku seringnya gak bisa ditinggal walaupun cuma semenit. Ini alasan knp aku selalu pake pads lagi klo di hari pertama sampe hari ketiga, ya krn emang gak banyak waktu untuk buang darah sesering itu.

3. Pas buang darah bleberan.
Buang darah menstrual cup ini gak cocok dilakukan di toilet kering apalagi yang wc nya pake wc duduk dan cuma ada tisu. Karna pas kita mau buang darah otomatis tangan kita juga ngodok dalem dan jadi kotor sama darah. Pas cup nya keluar pun kadang darah jd bleber kemana-mana. Belom lagi pas mau masukin lg kan minimal tangan sama cup kudu di bersihin lagi yang mana butuh air mengalir buat bersihin nya (yakali pake tissue doang). Bayangin klo wc nya tipe wc kering dan gak ada air buat bersihin nya. Sumpah repot bgt klo ky gini.

STIGMA

Mungkin karena di Indonesia yang namanya "keperawanan" masih dianggap sebagai harga diri seorang perempuan, banyak yang mengkhawatirkan bahwa menstrual cup ini dapat menghilangkan keperawanan seorang gadis karena konsepnya yang memasukan benda asing ke dalam vagina. Untuk hal ini, jujur sebenernya balik lagi ke anggapan perawan itu sendiri gimana.
Kalo anggapanmu perawan adalah wanita yang hymen nya masih utuh, so memakai menstrual cup ini tidak disarankan karena even kamu pake menstrual cup dengan ukuran paling kecil pun, tetep ada kemungkinan hymen bisa robek seperti halnya kita bersepeda, menunggang kuda, atau olahraga berat juga dapat beresiko merobek hymen.
Tapi kalo kalian beranggapan perawan adalah pernah atau tidaknya berhubungan intim, ya harusnya sih woles aja ya kalo mau nyobain menstrual cup, toh dengan memakai menstrual cup  berhubungan intim. Jadi untuk yang masih gadis, harus dipikirkan ini baik-baik juga ya.

Kalo menurut opini pribadiku sih, keperawanan bukan lah tolak ukur harga diri seorang perempuan. Perawan atau tidak, semua wanita itu berharga. Tinggal kita sendiri yang harus meningkatkan kualitas diri kita sendiri agar lebih berharga untuk diri sendiri dan orang lain.

Sebagai penutup sekaligus jawaban saya "Do I like Menstrual Cup??"

Yes. I do sometime like menstrual cup but in some situation, I cant move on from pads. 

  • Share:

You Might Also Like

0 comments

What do you think about this post?